tag:blogger.com,1999:blog-21932100071331173382024-02-20T14:32:02.696+07:00STIKES KARYA HUSADA SEMARANGSekolah Tinggi Karya Husada Semarang adalah salah satu perguruan tinggi di jawa tengah, tepatnya berada dibagian timur kota Semarang. stikes karya husada semarang berdiri sejak tahun 1983, dimana pada awalnya adalah dengan pendidikan diploma 3 keperawatan atau yang lebih dikenal dengan akademi keperawatan. selanjutnya mengembangkan diri dengan pendidikan diploma tiga kebidanan, strata 1 keperawatan, diploma empat kebidanan serta program ners.kontak kami di (024)6724581STIKES KARYA HUSADAhttp://www.blogger.com/profile/18340099161663934775noreply@blogger.comBlogger2125tag:blogger.com,1999:blog-2193210007133117338.post-16735373970688352122007-09-29T21:14:00.000+07:002007-09-29T21:15:45.016+07:00Hubungan Kemitraan Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat (UPKM) Yakkum Dengan Pengetahuan Ibu Balita Gizi Kurang (Studi Di Kelurahan Karangroto<div style="text-align: center;"><span style="font-weight: bold;">Hubungan Kemitraan Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat (UPKM) Yakkum Dengan Pengetahuan Ibu Balita Gizi Kurang (Studi Di Kelurahan Karangroto, Genuk, Semarang).</span></div><p class="MsoBodyText"> </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: center;" align="center">Oleh </p> <p class="MsoNormal" style="text-align: center;" align="center"><o:p> </o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: center;" align="center"><b style="">Fery Agusman Motuho Mendrofa<o:p></o:p></b></p> <p class="MsoBodyText"><o:p> </o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify;"><o:p> </o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: center; font-weight: bold;" align="center">Abstrak</p> <p style="text-align: justify;" class="MsoBodyText">Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan Kemitraan Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat (UPKM) Yakkum Dengan Pengetahuan Ibu Balita Gizi Kurang (Studi Di Kelurahan Karangroto, Genuk, Semarang). Sample dalam penelitian ini adalah 180 ibu balita gizi kurang, digunakan untul menguji Kemitraan UPKM Yakkum Dengan Pengetahuan Gizi Ibu Uji dengan kai kuadrat . hasil analisis korelasi dengan α =0.05.<span style=""> </span>menunjukan <span style="color: black;">hubungan bermakna antara jumlah anggota keluarga dengan pengetahuan gizi balita gizi kurang, responden yang memiliki jumlah anggota keluarga<span style=""> </span>≥ 4 orang<span style=""> </span>(95% CI : 1.679-5.922). Kontribusi mitra UPKM Yakkum dengan pengetahuan gizi ibu (p=0.028, OR=2.089, CI: 1.126-3.874), terdapat<span style=""> </span>hubungan bermakna antara frekuensi kegiatan mitra UPKM Yakkum dengan pengetahuan gizi ibu (p=0.000, OR=3.859, CI: 2.037 – 7.311), terdapat hubungan bermakna antara keberlangsungan kegiatan mitra dengan pengetahuan gizi ibu (p=0.001, OR=2.974), CI:1.582-5.592), Terdapat satu variabel <i>counfonding</i> yang berinteraksi dengan variabel kemitraan yaitu<span style=""> </span>frekuensi kegiatan.<span style=""> </span>hubungan frekuensi kegiatan dengan pengetahuan ibu memberikan peluang yang tidak berbeda untuk mereka yang memiliki keluarga <><span style="color: black;" lang="SV">perlu mengintegrasikan kemitraan<span style=""> </span>dengan mengembangkan pemberdayaan keluarga pengetahuan keluarga tentang kesehatan sehingga nantinya keluarga mampu untuk mengatasi masalah kesehatannya. Perawat komunitas perlu mengembangkan pelayanan kesehatan komunitas yang melibatkan<span style=""> </span>berbagai pihak; pabrik, rumah sakit swasta dan pihak lain yang bersedia terlibat meningkatkan pemahaman akan gizi pada keluarga<span style=""> </span>perlu dibuat program yang bersifat berkelanjutan terkait dengan keluarga sadar gizi.<o:p></o:p></span></p><div style="text-align: justify;"> </div><p style="text-align: justify;" class="MsoBodyText"><span style="color: black;" lang="SV"><o:p> </o:p></span></p> <p class="MsoBodyText"><span style="color: black;" lang="SV">Kata Kunci : Kemitraan, penegtahuan gizi ibu<o:p></o:p></span></p> <p class="MsoBodyText"><span style="color: black;" lang="SV">Daftar Pustaka 43 (1992 –2005)<o:p></o:p></span></p>STIKES KARYA HUSADAhttp://www.blogger.com/profile/18340099161663934775noreply@blogger.com6tag:blogger.com,1999:blog-2193210007133117338.post-2839986039892049592007-09-29T21:04:00.000+07:002007-09-29T21:05:57.420+07:00TERAPI MUSIK BAGI PENDERITA HIPERTENSI<p style="text-align: center;" align="center"><b style=""><span style="" lang="PT-BR">TERAPI MUSIK <span style=""> </span>BAGI PENDERITA HIPERTENSI<o:p></o:p></span></b></p> <p style="text-align: center;" align="center"><b style=""><span style="" lang="PT-BR">Oleh Fery Mendrofa,SKM,M.Kep,Sp.Kom<o:p></o:p></span></b></p> <p style="text-align: justify;"><b style=""><span style="" lang="PT-BR"><o:p> </o:p></span></b></p> <p class="MsoNormal" style="margin-bottom: 12pt; text-align: justify;"><span style="color: black;" lang="PT-BR">Terapi musik mampu mempengaruhi kondisi kesehatan seorang, baik fisik maupun mental khususnya penderita hipertensi., beberapa pengertian tentang terapi musik sebagai berikut; <o:p></o:p></span></p> <ol start="1" type="1"><li class="MsoNormal" style="color: black; text-align: justify;">Terapi musik adalah suatu bentuk kegiatan yang mempergunakan musik dan lagu/nyanyi secara terpadu dan terarah yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan: <o:p></o:p></li><ul type="circle"><li class="MsoNormal" style="color: black; text-align: justify;">Relaksasi <o:p></o:p></li><li class="MsoNormal" style="color: black; text-align: justify;"><span style="" lang="PT-BR">Stimulasi <o:p></o:p></span></li><li class="MsoNormal" style="color: black; text-align: justify;"><span style="" lang="PT-BR">Mengendalikan perilaku emosional. <o:p></o:p></span></li></ul><li class="MsoNormal" style="color: black; text-align: justify;"><span style="" lang="PT-BR">Terapi musik adalah suatu bentuk terapi dengan mempergunakan musik secara sistimatis, terkontrol dan terarah didalam : <o:p></o:p></span></li><ul type="circle"><li class="MsoNormal" style="color: black; text-align: justify;">Menyembuhkan <o:p></o:p></li><li class="MsoNormal" style="color: black; text-align: justify;">Merehabilitasi <o:p></o:p></li><li class="MsoNormal" style="color: black; text-align: justify;">Mendidik dan <o:p></o:p></li><li class="MsoNormal" style="color: black; text-align: justify;">Melatih anak-anak dan orang dewasa yang menderita gangguan fisik, mental, atau emosional. <o:p></o:p></li></ul><li class="MsoNormal" style="color: black; text-align: justify;">Terapi musik adalah suatu kegiatan dalam belajar yang mempergunakan musik untuk mencapai tujuan-tujuan seperti : <o:p></o:p></li><ul type="circle"><li class="MsoNormal" style="color: black; text-align: justify;">Merubah tingkah laku <o:p></o:p></li><li class="MsoNormal" style="color: black; text-align: justify;">Menjaga/memelihara agar tingkah laku atau kemampuan yang telah dicapai tidak mengalami kemunduran <o:p></o:p></li><li class="MsoNormal" style="color: black; text-align: justify;">mengembangkan kesehatan fisik dan mental. <o:p></o:p></li></ul></ol> <p style="text-align: justify;">Musik digunakan sebagai salah satu bentuk terapi pelengkap (<i>complementary therapy</i>), disamping akupunktur, <i>massage therapy</i>, dan <i>chiropathy</i>. <span style="" lang="PT-BR">Terdapat beberapa persiapan yang dilakukan dalam mengatasi terapi musik bagi penderita hipertensi. Persiapan yang dilakukan antara lain;<o:p></o:p></span></p> <p style="margin-left: 0.5in; text-align: justify; text-indent: -0.25in;"><!--[if !supportLists]--><span style=""><span style="">1.<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]--><span style="">Perhatikan waktu pemberian terapi musik, yaitu ( di pagi hari, siang dan malam hari)<o:p></o:p></span></p> <p style="margin-left: 0.5in; text-align: justify; text-indent: -0.25in;"><!--[if !supportLists]--><span style=""><span style="">2.<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]--><span style="">Lakukan teknik relaksasi<span style=""> </span>sebelum memulai melakukan terapi musik berupa menarik napas abdomen dengan frekuensi lambat, berirama. Penderita hipertensi <span style=""> </span>dapat memejamkan matanya dan bernapas dengan perlahan dan nyaman. Irama yang konstan dapat dipertahankan dengan menghitung dalam hati dengan lambat bersama setiap <b><i style="">inhalasi</i></b> (hirup, dua, tiga) dan <b><i style="">ekshalasi</i></b> (hembuskan, dua, tiga). Persiapan Alat <o:p></o:p></span></p> <p style="margin-left: 1in; text-align: justify; text-indent: -0.25in;"><!--[if !supportLists]--><span style=""><span style="">-<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]--><span style="">alat pemutar musik ( Tape, CD Player )<o:p></o:p></span></p> <p style="margin-left: 1in; text-align: justify; text-indent: -0.25in;"><!--[if !supportLists]--><span style=""><span style="">-<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]--><span style="">kaset / <i style="">Compact Disk</i> musik ( dengan musik yang ditentukan; klasik), Musik yang digunakan adalah musik yang teratur dan konstan , melodi sederhana yang diulang dengan secara teratur. musik dengan instrumental, musik alam sekitar dan musik mediatif<o:p></o:p></span></p> <p style="margin-left: 1in; text-align: justify; text-indent: -0.25in;"><!--[if !supportLists]--><span style=""><span style="">-<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]--><span style="">alat musik; gitar, keyboard, piano, dll. ( yang bisa dimainkan)<o:p></o:p></span></p> <p style="margin-left: 1in; text-align: justify; text-indent: -0.25in;"><!--[if !supportLists]--><span style=""><span style="">-<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]--><i style=""><span style="">Head Phone</span></i><span style=""> ( pada lansia dengan gangguan pendengaran/ bila dibutuhkan<o:p></o:p></span></p> <p style="margin-left: 0.5in; text-align: justify; text-indent: -0.25in;"><!--[if !supportLists]--><span style="" lang="PT-BR"><span style="">3.<span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span></span><!--[endif]--><span style="" lang="PT-BR">Waktu <o:p></o:p></span></p> <p style="margin-left: 0.25in; text-align: justify;"><span style=""><span style=""> </span>Waktu yang dibutuhkan adalah antara 15 – 20 menit ( tergantung jenis penyakit)<o:p></o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style=""><b style=""><span style="" lang="PT-BR">Sumber<o:p></o:p></span></b></p> <p class="MsoNormal" style=""><span style="" lang="PT-BR">Boedhi-Darmojo, B, Proyek MONICA di Jakarta, <i>MEDIKA</i> 17,4, 275, 191 <o:p></o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.5in; text-indent: -0.5in;">Boedhi-Darmojo, R. dkk.: <i>Baseline Risk Factors Study of CHD in Indonesia,</i> Revue Epidemiol. et Sante Publique, 38, 987, 1990. </p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.5in; text-indent: -0.5in;">Boedhi-Darmojo, R. Sutedjo dkk.: <i>Coronary Heart Disease in Indonesia,</i> World Health Forum, 17-231 WHO-SEARO, 1997 </p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.5in; text-indent: -0.5in;">Boedhi-Darmojo, R., Setiawan. H.: <i>A survey of CVD in rural Areas in <st1:place st="on"><st1:city st="on">C-Java</st1:City>, <st1:country-region st="on">Indonesia</st1:country-region></st1:place>,</i> CVD-PREVENTION, 2,4, 246, 1999 </p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.5in; text-align: justify; text-indent: -0.5in;">Bowers J. <i>Effects of an intergenerational choir for community-based seniors and college students on age-related attitudes</i>. J Music Ther 1999;35(1):2-18.Campbell D. <i>What is the Mozart Effect</i>. 2002. <a href="http://www.mozarteffect.com/" target="new">http://www.mozarteffect.com</a> </p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.5in; text-align: justify; text-indent: -0.5in;">Colleen MZ. <i>Therapeutic instrumental music playing in hand rehabilitation for older adults with Ostheoarthritis: Four case studies.</i> J Music Ther 2001;38(2):97-113. </p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.5in; text-align: justify; text-indent: -0.5in;">General Meeting of Canadian Association of Music Therapy (CAMT). <st1:city st="on">Vancouver</st1:City>, British <st1:place st="on"><st1:country-region st="on">Colombia</st1:country-region></st1:place>, 6 Mei 1004. <a href="http://www.musictherapy.ca/" target="new">http://www.musictherapy.ca</a> </p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 0.5in; text-align: justify; text-indent: -0.5in;">Knight WE, <st1:place st="on"><st1:city st="on">Rickard</st1:City> <st1:state st="on">NS</st1:State></st1:place>. <i>Relaxing music prevents stress-induced increases in subjective anxiety, systolic heart pressure and heart rate in healthy males and females. </i>J Music Ther 2001;38(4):254-72. </p> <st1:place st="on"><st1:city st="on"><span style="font-size: 12pt; font-family: "Times New Roman","serif";">Weinberger</span></st1:City><span style="font-size: 12pt; font-family: "Times New Roman","serif";"> <st1:state st="on">NM</st1:State></span></st1:place><span style="font-size: 12pt; font-family: "Times New Roman","serif";">. <i>"The Mozart Effect": A small part of the big picture</i>. <i>MuSICA Research Notes</i> [serial online] 2000;7(1) <a href="http://www.musica.uci.edu/" target="new">http://www.musica.uci.edu</a></span>STIKES KARYA HUSADAhttp://www.blogger.com/profile/18340099161663934775noreply@blogger.com1