Sabtu, 29 September 2007

Hubungan Kemitraan Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat (UPKM) Yakkum Dengan Pengetahuan Ibu Balita Gizi Kurang (Studi Di Kelurahan Karangroto

Hubungan Kemitraan Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat (UPKM) Yakkum Dengan Pengetahuan Ibu Balita Gizi Kurang (Studi Di Kelurahan Karangroto, Genuk, Semarang).

Oleh

Fery Agusman Motuho Mendrofa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan Kemitraan Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat (UPKM) Yakkum Dengan Pengetahuan Ibu Balita Gizi Kurang (Studi Di Kelurahan Karangroto, Genuk, Semarang). Sample dalam penelitian ini adalah 180 ibu balita gizi kurang, digunakan untul menguji Kemitraan UPKM Yakkum Dengan Pengetahuan Gizi Ibu Uji dengan kai kuadrat . hasil analisis korelasi dengan α =0.05. menunjukan hubungan bermakna antara jumlah anggota keluarga dengan pengetahuan gizi balita gizi kurang, responden yang memiliki jumlah anggota keluarga ≥ 4 orang (95% CI : 1.679-5.922). Kontribusi mitra UPKM Yakkum dengan pengetahuan gizi ibu (p=0.028, OR=2.089, CI: 1.126-3.874), terdapat hubungan bermakna antara frekuensi kegiatan mitra UPKM Yakkum dengan pengetahuan gizi ibu (p=0.000, OR=3.859, CI: 2.037 – 7.311), terdapat hubungan bermakna antara keberlangsungan kegiatan mitra dengan pengetahuan gizi ibu (p=0.001, OR=2.974), CI:1.582-5.592), Terdapat satu variabel counfonding yang berinteraksi dengan variabel kemitraan yaitu frekuensi kegiatan. hubungan frekuensi kegiatan dengan pengetahuan ibu memberikan peluang yang tidak berbeda untuk mereka yang memiliki keluarga <>perlu mengintegrasikan kemitraan dengan mengembangkan pemberdayaan keluarga pengetahuan keluarga tentang kesehatan sehingga nantinya keluarga mampu untuk mengatasi masalah kesehatannya. Perawat komunitas perlu mengembangkan pelayanan kesehatan komunitas yang melibatkan berbagai pihak; pabrik, rumah sakit swasta dan pihak lain yang bersedia terlibat meningkatkan pemahaman akan gizi pada keluarga perlu dibuat program yang bersifat berkelanjutan terkait dengan keluarga sadar gizi.

Kata Kunci : Kemitraan, penegtahuan gizi ibu

Daftar Pustaka 43 (1992 –2005)

6 komentar:

Ahmad Abdul Haq mengatakan...

Ngeblog juga, Pak? Masih di RT 06/XXIV nggak?


http://ahmadabdulhaq.multiply.com

FERY MENDROFA mengatakan...

udah pindah pak, ke daerah singa supriadi

vhen@holic mengatakan...

kapan pAk,,stikes Yahud qt tercindta bikin website?

Ahmad Abdul Haq mengatakan...

@vhen@holic: Lha blogspot ini 'kan udah merupakan website Stikes? Kalau Pak Ferry mau, beberapa orang bisa ditunjuk jadi kontributor untuk meramaikan blog ini. Kalau saya pribadi sih lebih suka bikin grup di Multiply. One place for all!

FERY MENDROFA mengatakan...

ha ha trims pak, minta dong foto foto terbarunya tentang nias

Dasrinal mengatakan...

repository dari kampus kami silahkan berkunjung


repository unand